Minerva Co-Lab: Hypnotherapy, Psychoanalysis, Collective Psyche

MinervaCoLab

MINERVA CO-LAB: Hipnoterapi, Psikoanalisis dan Psike Kolektif, atau singkatnya Minerva Co-Lab, adalah salah satu unit usaha dari Koperasi Riset Purusha yang fokus pada kajian dan praktik terapi di seputar fenomena dan potensi bawah sadar manusia dalam kaitannya dengan faktor lingkungan sosial-masyarakat. Minerva Co-Lab mengembangkan sebuah klinik hipnoterapi untuk melayani para klien yang memiliki keluhan-keluhan psikis, mental, dan emosional. Mulai dari susah tidur, makan tidak teratur, susah fokus dan konsentrasi, ketagihan (adiksi), sampai persoalan batin yang berlarut-larut karena berpisah dengan kekasih, ditinggal anggota keluarga, atau permasalahan sosial seperti bullying, problem di tempat kerja, keputusasaan, pertemanan, dst.

Kami juga mengajak para klien kami mengeksplorasi potensi bawah sadarnya untuk meningkatkan semangat dan mood dengan banyak produk layanan kami mulai dari lucid dreaming, partner imajiner, dunia fantasi, sampai pengalaman-pengalaman halusinogenik dan sensual berbasiskan augmented reality via hipnosis.

Minerva Co-Lab memberikan layanan konseling dan terapi yang sangat persuasif, tidak menggurui dan non-judgmental. Kami selalu berusaha mengimbangi sugesti satu arah konvensional dengan juga mengajak klien untuk turut menjadi subyek di dalam terapi dengan aktif menganalisis problem dan keluhannya. Karena kami meyakini bahwa di hadapan hasrat, afeksi dan kegelisahan eksistensial, kita semua setara. Minerva Co-Lab mencoba mengembangkan sebuah klinik hipnoterapi yang berbeda dari yang ada pada umumnya. Apabila intervensi hipnoterapetik seringkali bersifat menggurui (dalam bahasa kami, mereproduksi simtom keterasingan psikis), dalam klinik Minerva Co-Lab teknik terapi berbasis hipnosis konvensional dilengkapi dengan kekuatan analisis dari tradisi psikoanalisis. Perbedaan mendasarnya ada pada aspek liberasi dan kreatifitas subyek yang coba dieksplorasi, ketimbang subyek ditundukkan dalam rupa-rupa sugesti dari sang terapis.

Dengan konsep laboratorium kolaboratif, Minerva Co-Lab berupaya membangun jejaring kajian eksperimental terkait pengembangan psike kolektif yang menyumbang pada upaya transformasi sosial ke arah yang lebih baik. Secara kajian, Minerva mencoba mengkaji pertautan antara struktur sosial dengan simtom/gejala dari ketiga lapis kesadaran manusia—kesadaran, bawah sadar dan ketidaksadaran. Secara praktik, Minerva Co-Lab mengembangkan teknik-teknik terapi di ketiga level: kesadaran (psikoterapi), bawah sadar  (hipnoterapi) dan ketidaksadaran (psikoanalisis).

Hipnotis? Hipnoterapi? Psikoanalisis?

Apa itu hipnotis dan hipnoterapi? Hipnotis adalah suatu kondisi dengan sugestibilitas yang ditingkatkan (heightened suggestibility). Salah satu cara paling efektif untuk sampai ke kondisi ini adalah melalui “tidur” (‘hypnos’ berarti tidur dalam bahasa Yunani). Tidur dalam hipnotis hanya berlaku pada kesadaran, dan bukan bawah sadar. Kontra anggapan umum, anda tidak menjadi seperti zombie yang tidak sadar dalam kondisi hipnotis.

Hipnoterapi adalah terapi yang memanfaatkan potensi-potensi luar biasa dari kondisi hipnotis ini. Soalnya, saat berada dalam kondisi hipnotis bawah sadar, manusia mampu dengan pikirannya melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukannya dengan kesadaran normal. Beberapa di antaranya, mengakses memori dengan sangat jelas, mengelola emosi, mengatur kondisi pikiran, memanipulasi kemampuan inderawi, menyesuaikan suhu tubuh, menjelajah pengalaman esoterik, dll. Kunjungi Minerva Co-Lab untuk mengetahui lebih jauh.

Psikoanalisis bukanlah metode terapi, melainkan metode analisis psikis. Metode ini mampu menunjukkan aspek tak sadar (hasrat dan dorongan) dalam setiap gejala psikis yang dikeluhkan dan membantu subyek menghadapinya. Minerva Co-Lab mencoba memanfaatkan seluruh kebaikan dan manfaat psikoanalisis ini dalam sesi-sesi hipnoterapi yang mensyaratkan proses dialog.


Aktivitas dan Layanan

Minerva Co-Lab memiliki empat bentuk kegiatan:

  1. Jasa Terapi Sensori
  2. Riset dan Penulisan
  3. Pelatihan, Workshop dan Klub Kajian
  4. Eksperimentasi Kolektif

Minerva Co-Lab memberikan jasa hipnoterapi antara lain:

  • Meditasi dan relaksasi mendalam
  • Menjangkarkan kondisi pikiran (waktu tidur, mood, suhu tubuh, jam tubuh, emosi, performa mental, seksualitas, dst.)
  • Manajemen kebiasaan/habit (rokok, pola makan, kebiasaan spontan yang mengganggu, dst.)
  • Meningkatkan performa mental (kreatifitas, fokus/konsentrasi, imajinasi, memori, daya belajar)
  • Mengatur stabilitas emosi (rasa sakit, temperamen, sentimen, ketakutan, fobia, dst.)
  • Eksplorasi potensi dan pengalaman bawah sadar (halusinasi positif, kinestetik, halusinogenik, pengalaman intim, role-playing scenario / story-living, live video gaming, avatar, partner imajiner, dst.)
  • Eksplorasi pengalaman esoterik (lucid dreaming, proyeksi astral, supra-kesadaran, Regresi Kehidupan Lampau, Progresi Kehidupan Akan Datang)
  • Konseling persoalan batin dan emosional.
  • Terapi kelompok dan pasangan.
  • Untuk isu atau permintaan terapi lainnya, bisa langsung menghubungi admin Minerva Co-Lab.

Paket Harga:

  • Konsultasi dan konseling pra-terapi bisa didapatkan secara cuma-cuma!
  • Satu paket terdiri dari tiga sesi (@90 menit maksimal), ditambah Jangkar Hipnosis Mandiri dan konsultasi pasca-terapi secara cuma-cuma, dengan harga Rp. 1.500k.
  • Satu sesi berlangsung selama maksimal 90 menit, dengan harga Rp. 600k. (Sesi ini diperuntukkan mereka yang sudah pernah menjalani sesi hipnoterapi sebelumnya)
  • Seluruh paket harga dapat terkonversikan secara penuh dalam skema Kontribusi Aktivitas Produksi di seluruh unit Koperasi Riset Purusha, yang tentunya akan mengikuti skema yang ditentukan oleh pengurus koperasi.(Hubungi pengelola unit; khusus untuk unit Minerva Co-Lab, kontribusi aktivitas produksi yang tersedia adalah bergabung dalam proyek eksperimentasi unit. Namun demikian, yang bersangkutan harus lulus dalam wawancara, tes sugestibilitas dan kualifikasi daya imajinasi yang dibutuhkan proyek tersebut yang dilakukan oleh pengelola unit.)
  • Tersedia potongan harga khusus untuk aktivis koperasi, mahasiswa dan karyawan.
  • Seluruh anggota Koperasi Riset Purusha dapat mengakses seluruh produk jasa terapi dari Minerva Lab dengan harga potongan 30% tanpa terkecuali.


Menjadwalkan Sesi

  • Calon klien menghubungi 081298427043 (Telp., SMS, WA) atau admin.minerva@purusha.id
  • Menjadwalkan sesi konsultasi pra-terapi.
  • Klien dan terapis mendiskusikan dan menyepakati Kontrak Terapi.
  • Menjadwalkan rencana, program dan jumlah sesi terapi.
  • Sesi terapi dilaksanakan.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut atau untuk menjadwalkan sesi terapi:
Kontak: 081298427043 [Aini]
Surel: admin.minerva@purusha.id


Profil Hipnoterapis/Analis

Hizkia Yosie Polimpung, sehari-hari beraktifitas sebagai pengurus dan peneliti di Koperasi Riset Purusha. Sepuluh tahun terakhir ini ia memfokuskan kajiannya pada psikoanalisis dan rupa-rupa penerapannya di bidang-bidang lain seperti sosial, politik, kultural, teologis, hubungan internasional dan filosofis. Sebagai seorang hipnoterapis, ia memiliki kualifikasi sbb.:

Sertifikasi / Lisensi:

  • Certified Hypnotherapist (Cht.) dari International Association of Counselors and Therapists (IACT)
  • Certified Hypnotist (CH.) dari The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH).
  • Certified Hypnotherapist (CHt.) dari The Indonesian Board of Hypnotherapy (IBH).
  • Certified Practitioneer Neurolinguistic Programming dari Neo NLP Society Indonesia.
  • Certified Master Practitioneer Neurolinguistic Programming (MNLP.) dari Neo NLP Society Indonesia.
  • Certified Trainer Neurolinguistic Programming (CT.) dari Neo NLP Society Indonesia.

Keanggotaan dalam Organisasi dan Jejaring Profesi

 

Selain Jasa Layanan Terapi, Minerva Co-Lab memiliki kegiatan-kegiatan lain seperti:

  1. Riset dan Penulisan

Topik kajian yang memayungi seluruh riset dan kerja-kerja penulisan di Minerva Co-Lab berada di seputar pergesekan struktur sosial dengan simtom ketidak-sadaran (unconscious), kesadaran (conscious) dan bawah sadar (subconscious). Secara tradisi, kajian di Minerva Co-Lab mencoba memadukan tradisi psikoanalisis kontinental yang dipelopori oleh Sigmund Freud dan Jacques Lacan, dan kemudian Wilfred Bion, Léon Chertok, Felix Guattari, Darian Leader dan Slavoj Zizek, dengan tradisi hipnoterapi anglo-saxon yang dipelopori oleh Milton Erickson, Ormond McGill, Dave Elman, Gerald Kein, dll. Secara khusus, tujuan umum dari kerja-kerja riset dan penulisan di Minerva Co-Lab adalah upaya untuk meretas upaya perubahan sosial dari jalur intervensi di tingkat psikis manusia. Bahkan lebih spesifik lagi, Minerva Co-Lab mencoba merealisasikan dan memanifestasikan seruan Sigmund Freud mengenai psikoanalisis sebagai suatu “psychotherapy of the people.”

Untuk informasi lebih lanjut atau mengenai keterlibatan dalam kerja-kerja riset ini, bisa langsung menghubungi admin Minerva Co-Lab.

  1. Pelatihan, Workshop dan Klub Kajian

Minerva Co-Lab, bekerja sama dengan unit usaha Koperasi Riset Purusha lainnya, yaitu Purusha Sharing & Learning (PUSEL), juga menyelenggarakan beberapa pelatihan dalam rangka memasyarakatkan hipnoterapi dan psikoanalisis. Beberapa topik yang menjadi mata-ajar/workshop:

  • Pengenalan Hipnotis dan Hipnoterapi dan kegunaan sehari-hari
  • Pelatihan self-hypnosis sebagai alternatif meditasi
  • Workshop psikoanalisis untuk ilmu sosial-humaniora
  • Workshop metodologi dan teknik riset psikoanalisis

Minerva Co-Lab juga menyelenggarakan kembali Klub Kajian Komunitas Psikoanalisis yang sempat dirintis 2010 yang lalu salah satunya oleh anggota kami di sini. Klub kajian ini diharapkan menjadi kelompok diskusi rutin yang mengkaji aspek-aspek pemikiran dari para pemikir psikoanalisis. Sesekali klub kajian ini juga menyelenggarakan diskusi publik dengan audiens umum untuk mendiseminasikan gagasan di ruang publik.

  1. Klub Eksperimentasi Kolektif: Purusha Psinasium

 Gilles Deleuze dan Félix Guattari menekankan bahwa “fantasi tidak pernah bersifat individual: ia adalah selalu fantasi kolektif.” Berangkat dari ide ini, Minerva Co-Lab mencoba membangun suatu kolektifitas baru dari psike masyarakat hari ini. Ambisinya adalah menandingi kepungan pembentukan psike oleh media, iklan, penguasa, penyalah-guna otoritas agama, dan kanal-kanal lain yang menyumbang pada formasi mood, emosi, hasrat, sentimen dan bahkan pengetahuan kita hari ini tentang segala sesuatunya. Di sinilah Purusha Psinasium coba diinisiasikan oleh Minerva Co-Lab.

Ide psinasium mencoba mencari padanan bagi gymnasium untuk psike. Psinasium merupakan klub atau kelompok latihan untuk mempertajam seluruh fakultas inderawi manusia, selain panca-indera, juga apa yang disebut performa mental (kondisi emotional, daya fokus dan konsentrasi, daya imajinasi, daya ingat, dan daya kreatif). Selain itu, klub psinasium ini juga berlatih untuk suatu hipnosis eksperimental yang mencoba memanfaatkan potensi bawah sadar untuk menjelajah efek-efek metafisik secara mandiri. Di samping itu, partisipan Purusha Psinasium juga bisa menginisiasi sendiri eksperimentasinya.

Purusha Psinasium diselenggarakan sekali tiap dua minggu. Informasi dan jadwal penyelenggaraan, silakan menghubungi admin Minerva Co-Lab dan/atau memeriksa laman website kami.

 

Minerva Co-Lab
d.a/ Owl House Coffee & Cooperatives
Jl. Raya Pos Pengumben No. 5 (Simpang Tiga)
RT 001/ RW 08, Sukabumi Selatan,
Kebon Jeruk, Jakarta Barat 11560
http://goo.gl/maps/1m7xS

Kontak: 081298427043 [Aini]
Surel: admin.minerva@purusha.id
Line ID :  minerva.colab

Info dan update aktivitas dan kegiatan kami:
Website: http://purusha.id/minerva
IG: minerva.colab
Facebook: Minerva Co-Lab
Twitter: @MinervaCoLab

Pertanyaan bisa juga dilayangkan via:
Ask.fm: @MinervaCoLab

Shareable (large)

Unduh brosur resolusi tinggi di sini (1.6 MB).